Pilihan

Senin, 25 Oktober 2010

Dimmer Untuk Dirumah

Dimmer: Mengubah Mood Lampu Sesuai Selera


Foto: iDEA/Adrian Mulya

Mood bisa datang dan hilang kapan saja. Suasana lingkungan sangat berpengaruh. Lampu bisa membuat mood nggak cepat kabur,


Gelap, redup, atau terang benderang bisa berpengaruh terhadap mood seseorang. Seseorang yang takut gelap, mungkin bakal tidak bakan merasa nyaman di dalam ruangan gelap. Penyuka terang, mungkin juga tak nyaman berada pada ruang redup.
Nah, untuk membuat tingkat terang sebuah ruang bisa nyaman untuk semua orang, pakar tata cahaya menyarankan penggunaan dimmer. Alat kecil ini berfungsi untuk memudahkan pengguna ruang mengubah-ubah tingkat terang ruangan seperti yang diharapkannya.
Bertandang ke toko alat-alat listrik, kita bisa menemukan berbagai macam bentuk dan tipe dimmer. Yang paling sederhana adalah dimmer yang terbuat dari potensiometer. Menggunakan dimmer ini, terang lampu bisa diatur dengan memutar-mutar tuas potensiometernya. Alat ini berfungsi mengurangi voltase aliran listrik menuju lampu. Lebih cocok digunakan pada lampu pijar.
Jika Anda menggunakan lampu neon, maka gunakanlah dimmer dan balast khusus. Pada prinsipnya, cara kerja dimmer untuk lampu neon ini juga sama dengan dimmer biasa. Ia mengatur arus listrik menuju lampu sehingga dapat mengubah tingkat terangnya. Hanya saja yang khusus lampu neon ini telah dilengkapi dengan perangkat elektronik khusus yang dapat mengubah tingkat terang lampu neon tanpa membuat lampu neon berkedip-kedip.
Yang terbaru dan tercanggih, ada dimmer yang dapat diset pakai program komputer. Gelap atau terang bisa berubah secara otomatis berdasar seting waktu. Atau cukup dengan menekan satu tombol di remote control atau pada tombol dimmer yang menempel di dinding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar