Pilihan

Jumat, 03 Desember 2010

Membagi koneksi internet dengan wifi atau wireless

Connectify merupakan salah satu software yang digunakan untuk membagi koneksi internet dengan wifi atau wireless. Mungkin Anda sudah punya koneksi internet, bisa jadi teman disebelah Anda belum punya koneksi internet padahal laptop punya. Terpikir dibenak Anda untuk membagi koneksi internet kepada teman-teman Anda yang tidak punya koneksi internet. Ingat! sodaqoh itu ibadah kan... berfahala. Bagilah koneksi Internet anda.

Ada beberapa cara membagi koneksi internet. Biasanya membagi koneksi internet bisa memanfaatkan ICS (Internet Connection Sharing) yang sudah ada di Windows. Namun, terkadang ada beberapa versi OS Windows yang sangat repot dan bahkan sulit untuk membagi koneksi internet tersebut.

Saat ini telah tersedia satu software yang bernama Connectify. Konfigurasinya mudah. Tinggat ikuti langkah wizard-nya atau langsung buka saja taskbar system try (pojok kanan bawah) klik logo Connectify. Dan saya menggunakan OS Windows 7 Enterprise.

Kebetulan disini memakai Modem Smart, sehingga device modem yang muncul adalah Wireless Terminal. Kemudian muncul seperti pada gambar di bawah ini dan isikan Wi-Fi Name, Password, Internet, dan Mode. Lalu klik Start Hotspot. Tunggu sampai Status berubah menjadi Running.

Configure Connectify - Share Internet Connection Using Connectify

Mungkin untuk pengisian password agak merepotkan. Cara pengisian password yaitu isi huruf a-f saja atau angka 0-9, dengan jumlah karakter 5, 10 atau 26. Misal untuk password dengan 5 karakter yaitu: 34354, abc12, abbccc, dan seterusnya.

coba cek di Network and Sharing Center > Change Adapter Setting > Network Connection, settingan IP v4 Wireless saya sekarang jadi seperti di bawah ini:


Download Connectify di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar